Sabtu, 30 Juni 2018

Teman Anda Depresi? Yuk Bantu Dia dengan Enam Cara Ini!

ilustrasi

KEHIDUPAN yang begitu kompleks ditambah rumitnya masalah psikologis yang dihadapi saat ini sering membuat seseorang terperangkap dalam depresi. Kondisi ini pun diperparah dengan kurangnya kepedulian dan stigma negatif terhadap penderitanya, mengakibatkan angka kejadian depresi kian mencuat dari tahun ke tahun.

Sebenarnya, depresi merupakan salah satu gangguan mental dengan tingkat kesembuhan atau prognosis yang besar. Semakin cepat terdeteksi dan ditangani, maka akan semakin besar pula peluang kesembuhan yang didapat penderitanya.

Dukungan dan perhatian orang-orang terdekat merupakan salah satu obat yang sangat manjur bagi para penderita depresi. Di bawah ini terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu seseorang yang sedang merasa depresi, seperti dilansir laman India Times, Kamis (28/6).

1. Mulai Dengan Memahami Depresi
Jika Anda benar-benar peduli dengan orang itu, Anda harus berusaha memahami depresi. Cari bantuan medis yang mereka butuhkan, dorong mereka untuk melawannya tetapi untuk melakukan semua itu, pastikan Anda memahaminya sebanyak yang Anda bisa.

2. Pilih Kata Anda dengan Hati-hati
Kita sering tidak menyadari bahwa seseorang yang kondisi mentalnya rapuh benar-benar bisa mengucapkan kata-kata tertentu.

3. Katakanlah Hal-Hal yang Menghibur
Ini lebih benar dari sebelumnya dalam kasus seseorang melalui depresi. Katakan kepada mereka bahwa Anda bangga dengan mereka atau betapa Anda menghargai mereka dalam hidup Anda.

4. Tanyakan kepada Mereka Bagaimana Keadaan Mereka
Ketika seseorang mengalami depresi, mereka perlu tahu bahwa seseorang peduli. Bahkan jika Anda berpikir Anda mengganggu mereka, teruslah bertanya bagaimana keadaan mereka.
Ini akan membuat mereka merasa lebih nyaman dengan Anda dan juga akan membantu mereka melacak kemajuan mereka sendiri dengan depresi.

5. Jangan Merasa Canggung Berbicara Tentang Topik 'Tabu'
Jangan takut untuk mendekati topik bunuh diri atau menyakiti diri sendiri. Topik-topik ini adalah tabu hanya karena masyarakat mendiktekan demikian.
Pastikan mereka tahu bahwa Anda cukup peduli untuk mengajukan pertanyaan besar dan kecil. Ini mungkin juga membantu mereka mengubah siklus perasaan yang sangat negatif.

6. Dengarkan Saat Mereka Berbicara
Orang dengan depresi merasa sangat sulit untuk membuka diri dan karenanya, ketika mereka terbuka, pastikan Anda mendengarkan. (*)

Sumber: JPNN

0 komentar:

Posting Komentar